Kitab Ilmu al-Qur’an asli Jombang

Rabu, 15 Januari 2020 dakwah 106 klik
Hilmy Firdausy Teks:Hilmy Firdausy
Faza Grafis:Faza

Judul kitabnya adalah موارد البيان فى علوم القرآن (Mawarid al-Bayan Fi ‘Ulum al-Quran)

Kitab tersebut merupakan karya KH. Dr. Afifuddin Dimyathi. Ulama muda yang lahir tahun 1979 ini merupakan putra dari KH. Dimyathi Romli. Beliau kini diberi amanah mengurusi Pesantren di Rejoso Jombang. Baru-baru ini, beliau diangkat menjadi katib di Pengurus Besar Nahdlatul Ulama pusat. Selain dikenal sebagai akademisi dan pakar di bidang al-Qur’an dan Tafsir, Gus Awis – sapaan akrab beliau -  adalah seorang pengarang produktif.

Kitab Mawarid al-Bayan terdiri dari 150 halaman lebih dan telah dicetak lebih dari tiga kali oleh penerbit Lisan ‘Araby. Materi yang disajikan dalam kitab ini tidak jauh berbeda dengan kitab ulumul quran pada umumnya, dibagi menjadi 27 pembahasan. Sisi yang sedikit berbeda dari kitab Ini adalah adalah tujuh pembahasan terakhir lebih diarahkan seputar materi kegiatan penafsiran, mulai dari pengertian dan macam-macam bentuk penafsiran, syarat dan tingkatan para mufassir, dan kitab-kitab tafsir. Keistimewaan dari kitab ini adalah penyajiannya yang modern dan mudah dipahami, apalagi dilengkapi dengan tabel atau diagram yang memudahkan pemahaman.

Selain Mawarid al-Bayan, beliau juga menulis kitab berjudul als-Syamil fi Balaghat al-Qur’an yang berisi materi-materi seputar unsur balaghah dalam al-Qur’an, Jam’ul Abir fi Kutub al-Tafsir tentang ensiklopedia kitab-kitab tafsir dan beberapa kitab lainnya seputar ilmu tafsir.