Kerjakan 12 Amalan Ini di Hari Asyuro!

Jumat, 14 September 2018 dakwah 1988 klik
Hilmy Firdausy Teks:Hilmy Firdausy
Faza Grafis:Faza

Selain berpuasa, banyak sekali amalan-amalan yang bisa dilakukan di Hari Asyuro. Lagi-lagi, seluruh amalan ini merupakan media amal shalih yang akan melahirkan pahala dan berbagai macam kebaikan. Berikut list amalan-amalan yang bisa kalian kerjakan di Hari Asyuro yang selama ini dijabarkan dalam beberapa bait syi’ir:

Fi yaumi ‘asyura asyrun tattashil, bihas-natani wa laha fadlun nuqil. Shum shalli shil zur ‘aliman ‘ud wak-tahil, ra’sal yatimi imsah tashaddaq wa-ghtashil. Wassi’ ‘alal ‘iyali qullim dzufra, wa suratal ikhlasi alfan taqra.

“Di hari Asyura adalah sepuluh dan 2 amalan yang memiliki keutamaan; puasa, shalat, silaturahim, kunjungi orang alim, jenguk orang sakit dan bercelak. Mengusap kepala anak yatim, bersedekah, mandi, membahagiakan keluarga dan membaca Surah al-Ikhlash 1000 x.”

Berdasarkan bait-bait syiir tersebut, bisa disimpulan bahwa ada 12 amalan yang menyimpan keutamaan, yang bisa kita lakukan di Hari Asyuro. Yaitu sebagai berikut:

  1. Berpuasa Hari Asyuro
  2. Shalat Sunnah
  3. Mengunjungi Orang yang Alim
  4. Menyambung Tali Silaturahim
  5. Menjenguk Orang Sakit
  6. Bercelak
  7. Mengusap Kepala Anak Yatim
  8. Bersedekah
  9. Membahagiakan Keluarga
  10. Memotong Kuku
  11. Mandi
  12. Membaca Surah al-Ikhlas 1000 x

Itulah 12 amalan yang bisa kita kerjakan untuk mengisi Hari Asyuro. Tiap-tiap amalan tentu memiliki makna dan rahasia faidah yang kita kamu rasakan. Intinya, jangan membuang percuma kesempatan Hari Asyuro yang hanya datang setahun sekali ini.[]