Kejadian-Kejadian Penting di Hari Asyuro

Jumat, 21 September 2018 dakwah 230 klik
Hilmy Firdausy Teks:Hilmy Firdausy
Vanny Rosa Grafis:Vanny Rosa

Hari Asyuro adalah hari kesepuluh di Bulan Muharram. Di hari ini, kita dianjurkan untuk banyak melakukan amal perbuatan baik, termasuk berpuasa. Mengapa sebegitu spesialnya Hari Asyuro dibandingkan hari-hari lainnya di bulan-bulan lainnya? Banyak sekali alasannya, salah satunya adalah banyak sekali kejadian penting yang terjadi di Hari Asyuro.

Kami telah merangkum beberapa peristiwa penting masa lalu yang terjadi tepat di Hari Asyuro;

  1. Diterimanya tobat Nabi Adam AS setelah dikeluarkan dari surge karena mengabaikan perintah Allah SWT untuk tidak memakan buah khuldi.
  2. Berlabuhnya kapal Nabi Nuh AS di bukit Zuhdi dengan selamat setelah dunia dilanda banjir bandang yang membinasakan kaumnya, termasuk anaknya tercinta.
  3. Selamatnya Nabi Ibrahim AS dari siksaan Raja Namrud yang membakarnya hidup-hidup dalam kobaran api. Berkat pertolongan Allah SWT, api yang membakar jasad Nabi Ibrahim berubah menjadi sejuk layaknya es.
  4. Nabi Yusuf AS dibebaskan dari penjara Mesir karena terkena fitnah dan menjadi pintu awal menuju singgasana kerajaan.
  5. Nabi Yunus AS selamat dan keluar dari perut paus yang menelannya.
  6. Nabi Ayyub AS disembuhkan Allah dari penyakit yang lama diidapnya, yang membuat dirinya ditinggalkan keluarga beserta seluruh harta bendanya.
  7. Nabi Musa AS dan umatnya selamat dari pengejaran Fir’aun di Laut Merah. Beliau dan umatnya yang berjumlah sekitar lima ratus ribu orang selamat memasuki gurun Sinai untuk kembali ke tanah leluhur mereka.

Banyak lagi peristiwa lain yang terjadi pada hari sepuluh Muharram itu, yang menunjukkan sebagai hari yang bersejarah yang penuh kenangan dan pelajaran yang berharga. Berdasarkan peristiwa-peristiwa penting ini, anjuran untuk melakukan beberapa amaliyah di Hari Asyuro di satu sisi merupakan bentuk napaktilas kita atas kejadian-kejadian bersejarah tersebut. Tentunya dengan harapan hal itu akan menjadi pelajaran berharga bagi kita semua.