Bosan Shalat ‘Ied di Masjid Biasa? Coba 5 Masjid Unik Nan Bersejarah Ini!

Kamis, 16 Agustus 2018 dakwah 84 klik
Hilmy Firdausy Teks:Hilmy Firdausy
Faza Grafis:Faza

Bagi kalian yang sudah bosan shalat ‘Ied gitu-gitu aja dan ingin merasakan suasana shalat berjamaah yang berbeda, kalian bisa mencoba beberapa masjid unik bersejarah yang ada di Jawa. Selain memiliki konstruksi yang unik, masjid-masjid ini juga bersejarah loh. Selain merasakan atmosfer baru ketika moment shalat ‘Ied, kalian juga bisa melihat beberapa peninggalan sejarah dan menapaktilasi masa lalu peradaban kita sebagai sebuah bangsa.

Inilah 5 masjid unik dan bersejarah di pulau Jawa versi Harakah Islamiyah:

1. Masjid Agung Demak

Masjid ini terletak di Kauman, Bintoro, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Masjid yang memiliki arsitektur klasik ini merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia. Masjid ini didirikan oleh Raden Patah, Raja Pertama Kesultanan Demak yang di abad 15 M pusat pemerintahan Islam bentukan Wali Songo. Masjid Demak sendiri merupakan simbol Kerajaan yang dibangun langsung oleh Wali Songo. Di masjid inilah, selain melakukan pengajian, Wali Songo berunding dan bermusyawarah terkait banyak hal.

2. Masjid Menara Kudus

Masjid ini terletak berdampingan dengan makam Sunan Kudus, salah seorang Wali yang berdakwah di Kudus. Hal yang paling menarik dari Masjid ini adalah keberadaan Menara bergaya Hindu-Budha yang menopang sebuah bedug raksasa penanda shalat. Menara ini dibangun oleh Sunan Kudus dari tumpukan bata yang direkatkan tanpa semen. Masjidnya juga tak kalah unik. Beberapa benda bersejarah bisa anda temukan: dua tombak di samping pengimaman dan sebuah relief di atasnya adalah dua dari sekian banyak peninggalan sejarah. Di masjid ini, adzan dikumandangkan oleh tiga orang langsung ketika Hari Jum’at.

3. Masjid Ampel Surabaya

Terletak di Pengirian, Semampir, Ampel Surabaya, Masjid ini adalah masjid tertua di Jawa Timur. Lokasinya berada di areal Makam Sunan Ampel; salah seorang penghulu Wali Songo yang masyhur. Masjid ini konon didirikan tahun 1421 Masehi oleh Sunan Ampel. Gaya arsitekturnya klasik. Tidak ada kubah megah seperti masjid-masjid belakangan ini. Di sini kalian juga bisa melihat dan berziarah ke makam Mbah Sholeh yang konon memiliki 9 nyawa. Tertarik?

4. Masjid Agung Banten

Kalau kalian kebetulan pergi ke daerah Serang, Banten, kalian bisa mengunjungi Masjid yang didirikan langsung oleh Sultan Maulana Hasanuddin di tahun 1556 Masehi ini. Sultan Maulana Hasanuddin sendiri adalah Sultan Pertama di Kesultanan Banten. Beliau adalah putra sulung Sunan Gunung Jati. Selain arsitekturnya yang unik; atap bangunan utama masjid ini mirip pagoda China, komplek makam Sultan dan sebuah pavilion bernama “Tiyamah” yang dirancang oleh Hendrick Lucasz Cardeel, Masjid Agung Banten juga terkenal karena menaranya yang mirip mercu suar. Memiliki tinggi 24 meter dan diameter 10 meter, menara ini memang menjadi icon sejarah sampai saat ini.

5. Masjid Jamik Sumenep

Masjid Jamik Panembahan Somala atau Masjid Agung Sumenep ini terletak di Kota Sumenep Madura. Dirancang oleh seorang arsitek kenamaan di abad 18, Laum Piango, Masjid ini mulai dikerjakan tahun 1779 M dan selesai di tahun 1787 M. Arsitekturnya dipengaruhi oleh gaya arsitektur Tiongkok, Eropa, Jawa dan Madura. Masjid ini juga memiliki minaret ala Portugis setinggi 50 meter. Mampu menampung hingga 2000 jamaah, masjid ini tentu bisa kalian jadikan pilihan destinasi. []